Facebook Badge

Saturday, August 1, 2009

Berminat bekerja di bidang HRD? Kompetensi apa yang harus dimiliki?

Sebenarnya apa saja sih kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang yang bekerja di bidang HRD?
Sebelum memutuskan untuk bekerja/ berkarir di bidang ini, baca daftar kompetensi berikut, dan pastikan kalian mempunyai kompetensi atau minat untuk mengembangkan diri di bidang-bidang tersebut.

Daftar di bawah ini beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang HRD, tentunya tidak harus semua kompetensi harus dimiliki, tergantung spesialisasi/ job description orang itu.

1. Mampu membuat dan mengelola administrasi data base karyawan (beberapa perusahaan besar menggunakan alat/ software
2. Mengerti mengenai seleksi dan teknik wawancara calon karyawan
3. Mampu melaksanakan Induction Program untuk karyawan baru (biasanya bekerjasama dengan manager/ supervisor end user)
4. Mengerti cara menghitung gaji dan upah lembur
5. Mampu menghitung pajak Penghasilan PPh 21
6. Mengerti mengenai sistem insentif dan bonus tahunan (berkaitan dengan sistem penilaian/ appraisal kerja)
7. Mengerti mengenai sistem dana pensiun (tidak wajib, bisa bekerjasama dengan perusahaan asuransi / Dana pensiun)
8. Mengerti mengenai tunjangan dan fasilitas karyawan
9. Mengerti mengenai administrasi kepesertaan JAMSOSTEK (Jaminan Sosial Tenaga kerja)
10. Mampu memfasilitasi dan mengelola administrasi penilaian kinerja (perfomance appraisal)
11. Mampu membuat dokumen transaksi hubungan kerja (offering letter, surat perjanjian kerja , mutasi, promosi dll)
12. Mengerti proses & prosedur Penyelesaian Hubungan Industrial (UU no 2 / 2004)
13. Mengerti pembuatan dan pendaftaran PP (peraturan perusahaan)/ PKB (Perjanjian kerja Bersama)
14. Mengerti mengenai pelaksanaan & administrasi Training

No comments:

Post a Comment